£ 7.000 pengembalian dana liburan ‘membuat saya sakit’

    lopdtraining – “Kami biasanya berlibur di Inggris sehingga kegembiraan bersantap di Disney, bertemu karakter-karakter di Disney dan ikut serta dalam semua wahana yang fantastis sangat menyenangkan,” katanya.

    Namun, wabah koronavirus berarti bahwa perjalanan itu – yang seharusnya telah terjadi bulan lalu – dibatalkan.

    Sekarang Hannah sedang berjuang untuk mendapatkan pengembalian uang dari perusahaan liburannya, Virgin Holidays.

    “Stres membuat saya sakit. Ini bukan jumlah yang kecil untuk orang normal,” katanya kepada BBC Today.

    Hannah dianggap hanya satu dari ribuan pelanggan di Inggris yang masih menunggu pengembalian dana dari perusahaan perjalanan, meskipun ada peraturan yang mengharuskan perusahaan membayar dalam waktu 14 hari.

    Hannah dan keluarganya telah menabung untuk perjalanan ke Orlando selama 18 bulan.

    Putrinya yang berusia sembilan tahun, Isla, yang memiliki autisme yang berfungsi tinggi, sangat senang dengan perjalanan ini.

    “Dia jarang senang dengan apa pun dan melihatnya bertunangan dalam liburan ini sungguh luar biasa.”

    Tapi Hannah sekarang berusaha mencari tahu kapan dia akan mendapatkan uangnya kembali. Dia telah menerima serangkaian email otomatis dari Virgin sebagai jawaban atas pertanyaannya, tetapi tidak ada tanggal yang jelas kapan dia akan menerima pengembalian uangnya.

    Salah satu tanggapan otomatis menyarankannya untuk pergi ke Abta, Asosiasi Agen Perjalanan Inggris, yang mengirimnya kembali ke Virgin.

    Ketika dihubungi oleh BBC, Virgin Holidays mengatakan itu dapat meyakinkan pelanggan bahwa pembayaran pengembalian dana akan dibayar dalam “maksimum 120 hari” sejak permintaan diajukan.

    “Dengan semua liburan sekarang dibatalkan hingga dan termasuk 19 Juli 2020, kami terus dibanjiri dengan volume permintaan pengembalian dana yang belum pernah terjadi sebelumnya, sementara bekerja melalui tumpukan, dan sayangnya ini membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk diproses,” kata seorang juru bicara menambahkan.

    Virgin mengatakan semua pelanggan yang telah meminta pengembalian dana akan dibayar penuh.

    “Pembayaran diprioritaskan berdasarkan berapa lama pelanggan telah menunggu pengembalian dana mereka, bekerja sesuai pesanan mulai Maret 2020 dan seterusnya.”

    Editor perjalanan di badan konsumen Which ?, Rory Boland, mengatakan perusahaan “mengabaikan aturan karena mereka lolos begitu saja”.

    Berbicara kepada program BBC Today, Boland mengatakan: “Peraturannya bagus dan jelas. Jika Anda memiliki penerbangan yang telah dibatalkan, Anda akan mendapat pengembalian uang dalam waktu tujuh hari dan jika ini adalah paket liburan, Anda akan mendapat pengembalian uang dalam 14 hari.

    “Kita berada dalam situasi di mana jutaan wisatawan berlibur karena pengembalian dana miliaran pound dan pada tahap ini banyak dari mereka telah menunggu selama berbulan-bulan.”

    Mr Boland meminta pemerintah untuk melakukan lebih banyak untuk memastikan pelanggan menerima uang mereka dari maskapai penerbangan dan perusahaan perjalanan dalam jangka waktu yang dijamin.

    “Kita tidak bisa berada dalam situasi di mana para pembuat liburan … dapat diminta untuk memberi jaminan pada industri perjalanan yang bertentangan dengan keinginan mereka,” katanya.

    “Ini adalah masalah yang tidak akan hilang karena ketika kita memasuki musim liburan puncak akan melihat lebih banyak liburan dan penerbangan dibatalkan. Ini adalah sesuatu yang perlu diselesaikan pemerintah dengan sangat mendesak.”

    Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan pihaknya sedang melakukan peninjauan terhadap situasi pengembalian uang.

    RELATED ARTICLES

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *